PENGARUH METODE HIDROTERAPI LEMON TERHADAP TINGKAT STRES PADA LANJUT USIA DI KELURAHAN KARANG JAYA KECAMATAN GANDUS PALEMBANG

  • Laila Dewi STIKes Muhammadiyah Palembang
  • Septi Ardianty STIKes Muhammadiyah Palembang
  • Murbiah Murbiah STIKes Muhammadiyah Palembang

Abstract

Latar Belakang: Lanjut usia merupakan masa dimana terjadi penurunan kemampuan fisiologis yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Stres merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi pada lanjut usia. Penanganan stres pada lanjut usia dapat dilakukan dengan memberikan terapi komplementer yaitu hidroterapi lemon. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh metode hidroterapi lemon terhadap tingkat stres pada lanjut usia di Kelurahan Karang Jaya Kecamatan Gandus Palembang.
Subjek dan Metode: Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif, analitik komparatif pretest – posttest design (pre eksperimental design), populasinya seluruh lanjut usia di Kelurahan Karang Jaya Kecamatan Gandus Palembang sebanyak 280 lanjut usia dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sampel 52 lanjut usia. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner PSS 10. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji T berpasangan.
Hasil: Hasil penelitian diketahui terdapat perbedaan nilai rata-rata tingkat stres pada lanjut usia saat pretest 17,15 dan posttest 13,77 dengan Confidence Interval 95% dan p value 0,000 (p value  0,05) menunjukkan terdapat penurunan tingkat stres yang bermakna antara sebelum dan setelah hidroterapi lemon.
Kesimpulan: Hidroterapi lemon mempunyai pengaruh terhadap tingkat stres pada lanjut usia di Kelurahan Karang Jaya Kecamatan Gandus Palembang.


Kata Kunci: Hidroterapi, Tingkat Stres, Lanjut Usia

Published
2020-05-02
How to Cite
DEWI, Laila; ARDIANTY, Septi; MURBIAH, Murbiah. PENGARUH METODE HIDROTERAPI LEMON TERHADAP TINGKAT STRES PADA LANJUT USIA DI KELURAHAN KARANG JAYA KECAMATAN GANDUS PALEMBANG. Jurnal Hospital Science, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-9, may 2020. ISSN 2598-0122. Available at: <http://e-journal.stikesmuhbojonegoro.ac.id/index.php/JHS/article/view/141>. Date accessed: 23 oct. 2020.