PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PERILAKU MENCUCI TANGAN DENGAN AIR BERSIH DAN SABUN DITATANAN RUMAH TANGGA RT 40 KELURAHAN SUKABANGUN PALEMBANG TAHUN 2019

  • Debby Rizki Pratama STIKes Muhammadiyah Palembang
  • Septi Ardianty STIKes Muhammadiyah Palembang
  • Trilia Trilia STIKes Muhammadiyah Palembang

Abstract

Latar belakang: Mencuci tangan merupakan suatu kebiasaan membersihkan tangan dari kotoran dan berfungsi untuk membunuh kuman penyebab penyakit yang merugikan kesehatan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan mencuci tangan dengan air bersih dan sabun adalah hal yang paling di sepelekan ditunjukkan dengan kebiasan sebelum makan jarang yang melakukan cuci tangan. Salah satu upaya untuk meningkatkan perilaku mencuci tangan dengan air bersih dan sabun dengan memberikan intervensi pendidikan kesehatan. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku mencuci tangan dengan air bersih dan sabun ditatanan rumah tangga RT 40 Kelurahan Sukabangun Palembang. Metode Penelitian: Quasi experimental design melalui pre-test and post-test with control group design.  Suatu penelitian pada kelompok intervensi sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan kelompok kontrol tanpa perlakuan. Sampel penelitian sebanyak 124 responden dibagi 2 kelompok, 62 responden kelompok intervensi, dan 62 responden kelompok kontrol, menggunakan metode random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil: Analisis Uji Wilcoxon didapatkan perilaku mencuci tangan dengan air bersih dan sabun kelompok intervensi sebelum dan setelah diperoleh (pvalue=0,000). Adanya peningkatan perilaku mencuci tangan dengan air bersih dan sabun pada kelompok intervensi setelah diberikan perlakuan. Kelompok kontrol sebelum dan setelah diperoleh (pvalue=0,000). Adanya peningkatan perilaku mencuci tangan dengan air bersih dan sabun tanpa perlakuan. Perbedaan nilai rata-rata perilaku setelah kelompok intervensi dan kelompok kontrol menggunakan Uji Mann-Whithney diperoleh (pvalue=0,000). Jadi terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Simpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku mencuci tangan dengan air bersih dan sabun ditatanan rumah tangga RT 40 Kelurahan Sukabangun Palembang.


Kata kunci: Pendidikan Kesehatan, Perilaku Mencuci Tangan.


 

Published
2020-05-02
How to Cite
PRATAMA, Debby Rizki; ARDIANTY, Septi; TRILIA, Trilia. PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PERILAKU MENCUCI TANGAN DENGAN AIR BERSIH DAN SABUN DITATANAN RUMAH TANGGA RT 40 KELURAHAN SUKABANGUN PALEMBANG TAHUN 2019. Jurnal Hospital Science, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 42-51, may 2020. ISSN 2598-0122. Available at: <http://e-journal.stikesmuhbojonegoro.ac.id/index.php/JHS/article/view/142>. Date accessed: 31 oct. 2020.