PENGARUH METODE PERMAINAN ACAK KARTU TERHADAP PERILAKU JAJANAN MAKANAN SEHAT PADA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI 144 PALEMBANG

  • Endah Oktaviani STIKes Muhammadiyah Palembang
  • Septi Ardianty STIKes Muhammadiyah Palembang
  • Ayu Dekawaty STIKes Muhammadiyah Palembang

Abstract

Latar belakang: Anak usia sekolah merupakan kelompok yang sangat rentan mengkonsumsi jajanan yang tidak sehat karena anak-anak  sebagai konsumen utama sering kali tidak mengetahui atau tidak memperhatikan keamanan jajanan dan cenderung tidak mempertimbangkan kebersihan dan kesehatan makanan tersebut, penyuluhan terkait dengan jajanan makanan sehat perlu dilakukan untuk meningkatkan perilaku positif anak, salah satu metodenya adalah dengan permainan acak kartu. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh metode permainan acak kartu terhadap perilaku jajanan makanan sehat pada anak Sekolah Dasar Negeri 144 Palembang. Metode Penelitian: Quasi eksperiment group pre-test post-test with control, teknik random sampling yaitu dengan cara simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 54 responden kelompok intervensi dan 54 responden kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian dengan uji mann-whitney yaitu pengetahuan kelompok intervensi dan pengetahuan kelompok kontrol didapatkan p value 0,000. Uji T independent yaitu sikap kelompok intervensi dan sikap kelompok kontrol didapatkan p value 0,000. Uji mann-whitney yaitu tindakan kelompok intervensi dan tindakan kelompok kontrol dengan p value 0,000. Jadi hasil uji statistik menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol.


Kesimpulan: Ada pengaruh permainan acak kartu terhadap perilaku jajanan makanan sehat pada anak Sekolah Dasar Negeri 144 Palembang.


Kata Kunci: Permainan acak kartu, perilaku jajanan makanan sehat, anak Sekolah Dasar.


 

Published
2020-05-02
How to Cite
OKTAVIANI, Endah; ARDIANTY, Septi; DEKAWATY, Ayu. PENGARUH METODE PERMAINAN ACAK KARTU TERHADAP PERILAKU JAJANAN MAKANAN SEHAT PADA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI 144 PALEMBANG. Jurnal Hospital Science, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 33-41, may 2020. ISSN 2598-0122. Available at: <http://e-journal.stikesmuhbojonegoro.ac.id/index.php/JHS/article/view/144>. Date accessed: 23 oct. 2020.