PENGARUH TERAPI HUMOR DENGAN METODE FILM KOMEDI TERHADAP KUALITAS HIDUP LANSIA DI PANTI SOSIAL LANJUT USIA HARAPAN KITA PALEMBANG TAHUN 2019

  • Andi Setiawan Firmanda STIKes Muhammadiyah palembang
  • Septi Ardianty STIKes Muhammadiyah Palembang
  • Murbiah Murbiah STIKes Muhammadiyah Palembang

Abstract

Latar Belakang: Kualitas hidup dalam hal ini merupakan suatu konsep yang sangat luas yang dipengaruhi kondisi fisik individu, psikologis, tingkat kemandirian, serta hubungan individu dengan lingkungan. Kualitas hidup lansia di Panti Sosial Lanjut Usia Harapan Kita Palembang berdasarkan hasil studi pendahuluan dinyatakan memiliki tingkat kualitas yang tergolong tidak baik dan baik. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas hidup lansia yang tidak baik adalah menggunakan terapi humor dengan film komedi. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh terapi humor dengan metode film komedi terhadap kualitas hidup lansia di Panti Sosial Lanjut Usia Harapan Kita Palembang tahun 2019. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan one group pretest-posttest design dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling adalah purposive sampling yang berjumlah 30 responden Hasil: Hasil penelitian menggunakan uji-T- berpasangan diperoleh p value = 0,000 (p value ≤ 0,05) menunjukkan rata-rata pretest kualitas hidup lansia 69,90 dan posttest 83,33. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kualitas hidup lansia antara sebelum dan sesudah diberikan terapi humor dengan film komedi. Simpulan: Terapi humor dengan film komedi memberikan pengarah yang signifikan terhadap kualitas hidup lansia di Panti Sosial Lanjut Usia Harapan Kita Palembang.


Kata kunci: Terapi Humor, Film Komedi, Kualitas Hidup, Lanjut Usia.

Published
2020-05-02
How to Cite
FIRMANDA, Andi Setiawan; ARDIANTY, Septi; MURBIAH, Murbiah. PENGARUH TERAPI HUMOR DENGAN METODE FILM KOMEDI TERHADAP KUALITAS HIDUP LANSIA DI PANTI SOSIAL LANJUT USIA HARAPAN KITA PALEMBANG TAHUN 2019. Jurnal Hospital Science, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 27-32, may 2020. ISSN 2598-0122. Available at: <http://e-journal.stikesmuhbojonegoro.ac.id/index.php/JHS/article/view/145>. Date accessed: 23 oct. 2020.