PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN POSISI ERGONOMIS TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PENGRAJIN PEMPEK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NAGASWIDAK PALEMBANG

  • Deby Samelia College
  • Septi Ardianty STIKes Muhammadiyah Palembang
  • Ayu Dekawaty STIKes Muhammadiyah Palembang

Abstract

Latar Belakang: Faktor-faktor risiko ergonomi adalah unsur-unsur tempat kerja yang berhubungan dengan ketidaknyamanan yang dialami pekerja saat bekerja, dan jika diabaikan, lama-lama bisa menambah kerusakan pada tubuh pekerja. Desain ergonomis dapat membantu pekerja bekerja lebih efisien dan efektif, tidak saja membutuhkan peralatan yang didesain secara layak, namun juga membutuhkan posisi tubuh yang baik dalam melakukan aktivitas tertentu.Ada beberapa posisi tubuh yang harus diterapkan (ergonomi) untuk mengurangi bahanya cidera musculoskeletal.Agar posisi eronomis dapat diterapkan oleh pekerja maka perlu dilakukan upaya promosi kesehatan yaitu pendidikan kesehatan posisi ergonomis.
Tujuan Penelitian :Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendidikan kesehatan posisi ergonomis terhadap pengetahuan dan sikap pengrajin pempek di wilayah kerja Puskesmas Nagaswidak Palembang.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment menggunakan rancangan equivalent group design one group pretest and postest design without control group dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 83 orang pengrajin pempek diwilayah kerja Puskesmas Nagaswidak Palembang.Tehnik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan kriteria inklusi dan inklusi didapatkan sampel 69 orang dengan uji statistik uji wilcoxon.
Hasil: Nilai rata-rata pengetahuan (pre-test) median 6 dan (post-test) median 9 dan nilai rata-rata sikap (pre-test) median 28 dan (post-test) median 44.. Hasil uji beda rata-rata pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah intervensi pendidikan kesehatan posisi ergonomis P Value 0,000 (≤ 0,05) ini membuktikan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan posisi ergonomis terhadap pengetahuan dan sikap pengrajin pempek diwilayah kerja Puskesmas Nagaswidak Palembang.
kesimpulan: pendidikan kesehatan mempunyai pengaruh terhadap pengetahuan dan sikap pengrajin pempek diwilayah kerja Puskesmas Nagaswidak Palembang.


Kata kunci: Pendidikan Kesehatan, Posisi ergonomis, Pengetahuan, Sikap.


 

Published
2020-05-04
How to Cite
SAMELIA, Deby; ARDIANTY, Septi; DEKAWATY, Ayu. PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN POSISI ERGONOMIS TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PENGRAJIN PEMPEK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NAGASWIDAK PALEMBANG. Jurnal Hospital Science, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 89-97, may 2020. ISSN 2598-0122. Available at: <http://e-journal.stikesmuhbojonegoro.ac.id/index.php/JHS/article/view/151>. Date accessed: 23 oct. 2020.