PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PADA BAGIAN PENERIMAAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DIRUMAH SAKIT ISLAM MUHAMMADIYAH SUMBERREJO

  • Zulaikhah Siti Stikes Muhammadiyah Bojonegoro
  • Sudalhar Sudalhar Stikes Muhammadiyah Bojonegoro
  • Tegar Wahyu Yudha Pratama Stikes Muhammadiyah Bojonegoro

Abstract

Latar belakang: Pada umumnya rumah sakit memberikan pelayanan kepada pasien yang datang sesuai dengan kemauannya dan bila distribusi waktu pelayanan tidak diketahui maka akan menyebabkan waktu tunggu pelayanan lama, sehingga pelayanan di instansi rawat jalan dapat menyebabkan pasien tidak puas dan akan berakibat kunjungan pasien rawat jalan menurun ini berarti tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan pada bagian penerimaan pendaftaran pasien rawat jalan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Sumberrejo. Metode penelitian: Jenis desain penelitian yang digunakan adalah survey analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 92 responden yaitu pasien rawat jalan di Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Sumberrejo bulan April tahun 2018. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan kuesioner. Setelah ditabulasi data dianalisis dengan menggunakan uji Regresi Ordinal dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil: Hasil menunjukkan paling banyak atau 44,57% responden menilai kualitas pelayanan baik, dan paling banyak atau 39,13% responden puas. Dari analisis multivariate didapatkan responden yang menilai kualitas pelayanan baik paling banyak atau 27,2% merasa puas dengan pelayanan bagian penerimaan pendaftaran pasien rawat jalan. Sedangkan dari hasil Regresi Ordinal didapatkan nilai  = 0,000 lebih kecil dari α (0,05) maka H0 ditolak H1 diterima. Kesimpulan: Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan pada bagian penerimaan pendaftaran pasien rawat jalan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Sumberrejo tahun 2018.   


Kata Kunci:  Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Pasien Rawat Jalan

Published
2020-05-04
How to Cite
SITI, Zulaikhah; SUDALHAR, Sudalhar; PRATAMA, Tegar Wahyu Yudha. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PADA BAGIAN PENERIMAAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DIRUMAH SAKIT ISLAM MUHAMMADIYAH SUMBERREJO. Jurnal Hospital Science, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 121 - 128, may 2020. ISSN 2598-0122. Available at: <http://e-journal.stikesmuhbojonegoro.ac.id/index.php/JHS/article/view/173>. Date accessed: 31 oct. 2020.