PENGARUH BIMBINGAN ROHANI ISLAM TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA WAHYU TUTUKO BOJONEGORO

  • Akhmad Zainul Arifin

Abstract

Latar belakang: Kepuasan pasien adalah hal yang harus diperhatikan oleh rumah sakit. Kepuasan pasien yang rendah, dapat menurunkan minat kunjung pasien ke rumah sakit. Hal ini menuntut rumah sakit untuk bisa memenuhi kebutuhan pasien. Salah satunya adalah kebutuhan spiritual pasien. Kebutuhan spiritual pasien dapat dipenuhi dengan memberikan pelayanan bimbingan rohani kepada pasien. Pemenuhan kebutuhan spiritual ini diharapkan bisa meningkatkan kepuasan pasien rawat inap.


Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan rancangan one group pretest posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh pasien rawat inap di Rumah Sakit Bhayangkara Wahyu Tutuko Bojonegoro sejumlah 240 pasien. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 68 responden dengan teknik sampling accidental sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner.


Hasil : Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh pemberian bimbingan rohani Islam terhadap kepuasan pasien rawat inap dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.


Kesimpulan : Melihat hasil penelitian ini maka perlu adanya pemberian bimbingan rohani Islam yang rutin agar bisa memberikan pelayanan secara maksimal kepada pasien rawat inap.


 

Published
2018-04-20
How to Cite
ARIFIN, Akhmad Zainul. PENGARUH BIMBINGAN ROHANI ISLAM TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA WAHYU TUTUKO BOJONEGORO. Jurnal Hospital Science, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-4, apr. 2018. ISSN 2598-0122. Available at: <http://e-journal.stikesmuhbojonegoro.ac.id/index.php/JHS/article/view/207>. Date accessed: 24 may 2022.