PENGARUH APLIKASI PEMESANAN BARANG BERBASIS VISUAL BASIC TERHADAP UPAYA PENGURANGAN TINGKAT WASTE PELAYANAN DI UNIT LOGISTIK NON MEDIS DALAM RANGKA LEAN HOSPITAL RUMAH SAKIT AISYIYAH BOJONEGORO

  • Istiqlal Fithri

Abstract

Latar Belakang : Penilaian 20 karyawan yang menerima pelayanan di unit logistik non medis Rumah Sakit ‘Aisyiyah Bojonegoro mengatakan bahwa, 55% menjawab bahwa keterjangkauan lokasi unit logistik non medis cukup jauh, dikuatkan dengan data waktu tempuh rata-rata untuk pulang pergi yaitu 4,9 menit dan dari hasil observasi pelayanan didapatkan bahwa waktu pengisian list oleh petugas logistik yang seharusnya diisi oleh pemesan/karyawan yang memesan barang yaitu 5,4 menit. Hal-hal tersebut merupakan sebuah WASTE (Pemborosan) yang harus diturunkan tingkatnya ataupun dihilangkan/dieliminasi. Adanya aplikasi pemesanan barang merupakan salah satu opsi untuk menurunkan tingkat WASTE ataupun mengeliminasi hal-hal yang sebenarnya dapat diolah oleh sebuah sistem pada komputer.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Aplikasi Pemesanan Barang Berbasis Visual Basic Terhadap Upaya Pengurangan Tingkat WASTE Pelayanan Di Unit Logistik Non Medis Dalam Rangka Lean Hospital Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro.


Subjek dan Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan peneltian pre-experimental dengan desain One Group Pre test Post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan yang melakukan pemesanan barang di unit logistik non medis Rumah Sakit ‘Aisyiyah Bojonegoro, yang berjumlah 30 responden.Sampling menggunakan random sampling.Uji prasyaratan analisis yaitu uji wilcoxson.Sedangkan untuk aplikasi pemesanan barang menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) dengan pendekatan Waterfall.Populasi untuk pengujian aplikasi berjumlah 2 responden.Sampling menggunakan total sampling. Uji sistem menggunakan blackbox


 


Hasil Penelitian: Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Upaya penurunan tingkat WASTE di unit logistik non medis Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro sebelum diterapkannya aplikasi pemesanan barang sebesar 59% termasuk dalam kategori baik, (2) Upaya penurunan tingkat WASTE di unit logistik non medis Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro sebelum diterapkannya aplikasi pemesanan barang sebesar 94% termasuk dalam kategori sangat baik, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara aplikasi pemesanan barang berbasis visual basic terhadap upaya penurunan tingkat WASTE pelayanan di unit logistik non medis Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro sebesar 0,000.


Kesimpulan: Melihat hasil penelitian ini aplikasi pemesanan barang tersebut dapat menunjang upaya penurunan tingkat WASTE pelayanan di unit logistik non medis Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro, dengan memfungsikannya sebagai alat untuk menyelesaikan hal-hal yang dapat dikomputerisasi secara otomatis seperti halnya pencatatan list pemesanan barang secara detail dan pengolahan stok barang secara otomatis dengan sistem. Jika upaya penurunan tingkat WASTE pelayanan terjadi perbaikan secara signifikan secara otomatis dapat meningkatkan kualitas pelayanan unit logistik non medis kepada karyawan internal khususnya dalam pelayanan pemesanan barang.

Published
2018-04-20
How to Cite
FITHRI, Istiqlal. PENGARUH APLIKASI PEMESANAN BARANG BERBASIS VISUAL BASIC TERHADAP UPAYA PENGURANGAN TINGKAT WASTE PELAYANAN DI UNIT LOGISTIK NON MEDIS DALAM RANGKA LEAN HOSPITAL RUMAH SAKIT AISYIYAH BOJONEGORO. Jurnal Hospital Science, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 31 - 48, apr. 2018. ISSN 2598-0122. Available at: <http://e-journal.stikesmuhbojonegoro.ac.id/index.php/JHS/article/view/211>. Date accessed: 24 may 2022.