PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN LINGKUNGAN KERJA NON FISIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI RUMAH SAKIT ISLAM MUHAMMADIYAH SUMBERREJO BOJONEGORO

  • Nastiti Lestari

Abstract

Latar Belakang: Sebuah rumah sakit terdapat sumber daya manusia yang merupakan aset yang paling berharga dimana aset tersebut yang selanjutnya akan menggerakan aset-aset lainnya. Sehingga rumah sakit perlu berhati-hati dalam merekrut sumber daya manusia yang berkualitas agar rumah sakit dapat terus berjalan dan berkembang. Karyawan merupakan sumber daya yang penting bagi rumah sakit karena memiliki bakat, tenaga dan kreativitas yang sangat dibutuhkan oleh rumah sakit untuk mencapai tujuannya, kinerja yang dicari oleh rumah sakit adalah seseorang yang tergantung dari kemampuan, motivasi dan dukungan individu yang diterima.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja fisik dan non fisik terhadap kinerja karyawan di Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro.


Subjek dan Metode Penelitian: Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah karyawan di Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro, dengan sampel yang diambil sebanyak 59 responden pada bulan Juli-Agustus 2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Simple Random Sampling. Uji prasyarat analisis yaitu uji regresi logistik berganda.


Hasil Penelitian: Pengaruh Lingkungan fisik terhadap Kinerja karyawan di Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro mengalami pengaruh sebesar 6,55 kali. Pengaruh lingkungan kerja non fisik terhadap kinerja karyawan di Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro sebesar 2,87 kali. Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan kerja fisik dan non fisik di Rumah Sakit Iskam Muhammadiyah Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro sebesar 32%.


Kesimpulan: Melihat hasil penelitian ini maka perlu adanya penilaian tentang lingkungan kerja di Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro.

Published
2018-04-20
How to Cite
LESTARI, Nastiti. PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN LINGKUNGAN KERJA NON FISIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI RUMAH SAKIT ISLAM MUHAMMADIYAH SUMBERREJO BOJONEGORO. Jurnal Hospital Science, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 49 - 60, apr. 2018. ISSN 2598-0122. Available at: <http://e-journal.stikesmuhbojonegoro.ac.id/index.php/JHS/article/view/212>. Date accessed: 24 may 2022.