PENGARUH AUDIT INTERNAL TERHADAP WAKTU TUNGGU ANTRIAN POLI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO

  • Sudalhar Sudalhar

Abstract

Latar Belakang : Waktu tunggu pelayanan rawat jalan tahun 2018 mencapai standart yaitu 22-46 menit dan hasil survei pendahuluan waktu tunggu pelayanan rawat jalan belum mencapai standart yaitu lebih dari 60 menit sebesar 40%. Lamanya waktu tunggu akan mempengaruhi kualitas pelayanan rawat jalan di rumah sakit yang dapat mengakibatkan waktu tunggu pasien semakin rendah sehingga berdampak pada citra dan utilitas pasien, dapat diprediksi bahwa adanya pengaruh antara waktu tunggu terhadap audit internal di Rumah Sakit Muhammadiyah Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Sehingga analisis audit internal perlu dilakukan secara berkelanjutan dengan harapan dapat meminimalisir waktu tunggu pelayanan rawat jalan, menekan waktu tunggu agar menjadi lebih cepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh audit internal terhadap waktu tunggu antrian poli rawat jalan di Rumah Sakit Muhammadiyah Kalitidu Kabupaten Bojonegoro.


Subjek dan Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan peneltian pre-experimental dengan desain One Group Pre test Post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan di Rumah Sakit Muhammadiyah Kalitidu Kabupaten Bojonegoro, yang berjumlah 30 responden. Sampling menggunakan random sampling. Uji prasyaratan analisis yaitu uji chi square.


Hasil Penelitian: Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Waktu tunggu pelayanan rawat jalan sebelum diberikan audit cepat yaitu sebesar 63%, (2) Waktu tunggu pelayanan rawat jalan setelah dilakukan audit cepat sebesar 77%, (3) Terdapat pengaruh audit internal dengan waktu tunggu antrian poli rawat jalan di Rumah Sakit Muhammadiyah Kalitidu Kabupaten Bojonegoro yang ditunjukkan dengan nilai signifikan (0,004)


Kesimpulan: Melihat hasil penelitian ini maka perlu adanya tindak lanjut dan pamantauan terhadap pelaksanaan tindak lanjut hasil audit yang telah dilakukan sehingga ada peningkatan kualitas pelayanan di unit rawat jalan Rumah Sakit Muhammadiyah Kalitidu Kabupaten Bojonegoro.

Published
2018-04-20
How to Cite
SUDALHAR, Sudalhar. PENGARUH AUDIT INTERNAL TERHADAP WAKTU TUNGGU ANTRIAN POLI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO. Jurnal Hospital Science, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 61 - 67, apr. 2018. ISSN 2598-0122. Available at: <http://e-journal.stikesmuhbojonegoro.ac.id/index.php/JHS/article/view/213>. Date accessed: 24 may 2022.