HUBUNGAN SIKAP PETUGAS KESEHAN DENGAN PELAKSANAAN KEAMANAN DAN KERAHASIAAN REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT IBNU SINA BOJONEGORO

  • Andik Sugiarto Stikes Muhammadiyah Bojonegoro
  • Sudalhar Sudalhar Stikes Muhammadiyah Bojonegoro
  • Tegar Wahyu Yudha Pratama Stikes Muhammadiyah Bojonegoro

Abstract

Latar Belakang : keamanan dan kerahasiaan Rekam  Medis  berperan  penting  dalam  pemeliharaan  dokumen  rekam  medis, keamanan dan kerahasiaan rekam medis di rumah sakit Ibnu Sina Bojonegoro masih belum terjaga keamanan dan kerahasiaannya, setelah dilakukan studi pendahuluan dengan penyebaran kuesioner terdapat 0% keamanan dan kerahasiaan rekam medis, maka dari itu masih belum sesuai dengan standar rekam medis.   Subjek  dan  Metode :  Penelitian  kuantitatif  dengan  metode  kuesioner Populasi  dan  Sampel  dalam  penelitian  ini  adalah  53 orang  petugas  meliputi dokter, bidan, perawat dan rekam medis.  Hasil  : Berdasarkan hasil penelitian sikap petugas baik 53% dan buruk 0%, sedengankan keamanan dan kerahasiaan rekam medis baik 0% dan buruk 53%, Setelah dilakukan uji chi square P value = 0,95 yang artinya nilai P value > 0,05 dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan sikap yang mempengaruhi keamanan dan kerahasiaan rekam medis di rumah sakit Ibnu Sina Bojonegoro. Kesimpulan :  Tidak ada hubungan sikap yang mempengaruhi keamanan dan kerahasiaan rekam medis.     


 


Kata Kunci  :  sikap petugas, keamanan dan kerahasiaan rekam medis

Published
2020-05-02
How to Cite
SUGIARTO, Andik; SUDALHAR, Sudalhar; PRATAMA, Tegar Wahyu Yudha. HUBUNGAN SIKAP PETUGAS KESEHAN DENGAN PELAKSANAAN KEAMANAN DAN KERAHASIAAN REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT IBNU SINA BOJONEGORO. Jurnal Hospital Science, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 79-83, may 2020. ISSN 2598-0122. Available at: <http://e-journal.stikesmuhbojonegoro.ac.id/index.php/JHS/article/view/168>. Date accessed: 31 oct. 2020.