PENGARUH KEPUASAN KERJA KARYAWAN TERHADAP TURNOVER INTENTION DI RUMAH SAKIT DELTA SURYA SIDOARJO

  • Iin Rahayu Kurniawati

Abstract

Latar Belakang: Selama kurun waktu 3 tahun terakhir terjadi peningkatan turnover di Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo. Meningkatnya turnover di Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah ketidakpuasan karyawan sehingga karyawan mencoba untuk mencari pekerjaan lainnya yang dirasa lebih baik lagi dari Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan kerja karyawan kontrak terhadap turnover intention di Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo.


Metode: Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan studi analitik dan menggunakan analisis regresi logistik sederhana (binary). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 61 karyawan kontrak yang ada di Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo. Teknik sampel yaitu dengan menggunakan Total Sampling dan pengumpulan data menggunakan kuessioner.


Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan kerja karyawan Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo mayoritas berada pada kategori sedang yaitu 70,50% dan untuk tingkat turnover intention berada pada tingkat rendah yaitu 59,00%. Berdasarkan analisis regresi logistik sederhana (binary), dapat dilihat dari nilai signifikansi lebih besar dari pada alpha yaitu 0,008 ˃ 0,005 dan nilai R Square yaitu 0,197 atau 19,7%.


Kesimpulan: Disimpulkan bahwa tingkat kepuasan kerja karyawan tidak berpengaruh terhadap turnover intention di Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo. Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo hendaknya meningkatkan sistem reward, contohnya seperti promosi karyawan, dan disiplin kerja serta perlu memperhatikan faktor lain diluar dari kepuasan kerja untuk meminimalisir turnover intention.

Published
2018-04-20
How to Cite
KURNIAWATI, Iin Rahayu. PENGARUH KEPUASAN KERJA KARYAWAN TERHADAP TURNOVER INTENTION DI RUMAH SAKIT DELTA SURYA SIDOARJO. Jurnal Hospital Science, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 24 - 30, apr. 2018. ISSN 2598-0122. Available at: <http://e-journal.stikesmuhbojonegoro.ac.id/index.php/JHS/article/view/210>. Date accessed: 24 may 2022.