PERANCANGAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN BERBASIS MICROSOFT ACCESS DI PUSKESMAS GONDANG

  • Wahyu Sugiharto

Abstract

Latar Belakang : Berdasarkan wawancara peneliti, ada permasalahan yang dihadapi pada Puskesmas Gondang salah satunya adalah pendaftaran yang masih lama, membutuhkan waktu yaitu rata-rata sekitar 10 - 12 menit waktu pelayanannya. Sedangkan jumlah kunjungan setiap harinya kurang lebih mencapai 20 – 50 pasien dan jumlah petugasnya berjumlah 1 orang.


Subjek dan Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian metode deskriptif dengan pendekatan System Development Life Cycle (SDLC) atau metode waterfall. Metode pengumpulan data menggunakan teknik/pedoman wawancara, sedangkan populasi dan sampel ada 2 orang.


Hasil : Penelitian ini menghasilkan ERD (Entity Relationship Diagram), perancangan tabel database diantaranya adalah tabel pasien, dokter, poli dan registrasi, perancangan relasi tabel yaitu suatu primary yang menghubung suatu tabel database yang sudah dibuat dan terakhir perancangan interface merupakan tahap akhir suatu aplikasi atau program yang sudah selesai dibuat diantaranya from login, form menu utama, form pasien, form registrasi, form poli, form tenaga medis dan form laporan. Sedangkan pengujian aplikasi tersebut menggunkan metode black box testing.


Kesimpulan : Puskemas gondang terdapat masalah yaitu pelayanan yang lama diakibatkan pendaftaran yang manual, dengan adanya pembuatan aplikasi pendaftaran pasien rawat jalan menggunakan tahapan-tahapan yaitu menganalisis masalah dan kebutuhan, merancang database sistem, membuat desain interface, dan menguji sistem aplikasi dengan metode black box.

Published
2018-09-10
How to Cite
SUGIHARTO, Wahyu. PERANCANGAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN BERBASIS MICROSOFT ACCESS DI PUSKESMAS GONDANG. Jurnal Hospital Science, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 37-47, sep. 2018. ISSN 2598-0122. Available at: <https://e-journal.stikesmuhbojonegoro.ac.id/index.php/JHS/article/view/296>. Date accessed: 02 may 2024.