PERANCANGAN CHECKLIST KETIDAKLENGKAPAN REKAM MEDIS RAWAT INAP BERBASIS MICROSOFT EXCEL DI RUMAH SAKIT IBNU SINA BOJONEGORO

  • Tegar Wahyu Yudha Pratama

Abstract

Latar Belakang: Saat ini rumah sakit dan tenaga kesehatan rawan akan tuntutan mutu pelayanan, tuntutan hukum dari pasien, dan banyaknya pesaing di bidangĀ  yang sama. Oleh karena itu, diperlukan upaya perbaikan mutu. Salah satu parameter untuk menentukan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit adalah data atau informasi dari rekam medis yang baik dan lengkap.


Tujuan: Tujuan dalam penelitian ini adalah mengidentifiasi kelengkapan rekam medis rawat inap Rumah Sakit Ibnu Sina Bojonegoro dan perancangan checklist ketidaklengkapan rekam medis rawat inap berbasis microsoft excel.


Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif untuk merancang checklist ketidaklengkapan rekam medis rawat inap di Rumah Sakit Ibnu Sina Bojonegoro.


Hasil: Tingkat kelengkapan rekam medis dengan kategori lengkap berjumlah 24 (41,38%) dan rekam medis dengan kategori tidak lengkap berjumlah 34 (58,62%). Ketidaklengkapan informasi paling banyak terdapat pada asuhan keperawatan. Sebelum mendesain, peneliti membuat analisis kebutuhan kemudian dari item tersebut dapat dibuat checklist ketidaklengkapan berbasis microsoft excel sehingga menghasilkan sheet login dan tabel ketidaklengkapan rekam medis.


Kesimpulan: Tingkat kelengkapan rekam medis dari 58 sampel terdapat 24 rekam medis dengan kategori lengkap dan 34 rekam medis dengan kategori tidak lengkap. Hasil perancangan yaitu sheet login dan tabel ketidaklengkapan rekam medis.

Published
2018-09-10
How to Cite
PRATAMA, Tegar Wahyu Yudha. PERANCANGAN CHECKLIST KETIDAKLENGKAPAN REKAM MEDIS RAWAT INAP BERBASIS MICROSOFT EXCEL DI RUMAH SAKIT IBNU SINA BOJONEGORO. Jurnal Hospital Science, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 48-55, sep. 2018. ISSN 2598-0122. Available at: <https://e-journal.stikesmuhbojonegoro.ac.id/index.php/JHS/article/view/297>. Date accessed: 03 may 2024.