Hubungan Antara Pelatihan Komunikasi Efektif Dengan Perilaku Kerja Perawat Rawat Inap Di Rsud Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro

  • Iin Rahayu Kurniawati
  • Iin Rahayu Kurniawati

Abstract

Latar Belakang : Keluhan pasien tentang perawat pada tahun 2017 dan 2018 di RSUD Dr. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro menunjukkan bahwa rumah sakit mendapatkan keluhan terhadap perawat. Pada tahun 2017 rumah sakit mendapat 27 keluhan, 17 (67%) diantaranya   terkait perilaku perawat dan 10 (33%) keluhan  terkait  pemberian pelayanan. Tahun 2018 terdapat  keluhan terhadap perawat sebanyak 19 keluhan dengan 12 (68%) keluhan terkait perilaku perawat dan 5 (32%) keluhan terkait pemberian pelayanan. Dari data keluhan tersebut pasien banyak mengeluhkan terkait perilaku perawat yang tidak ramah kepada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan pelatihan komunikasi efektif dengan perilaku kerja perawat rawat inap di RSUD Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro.


Metode : Penelitian ini merupakan penelitian non ekperimental dengan studi analitik, dan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 60 perawat rawat inap RSUD Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah korelasi dengan menggunakan uji Spearman Rho.


Hasil : Hasil analisis deskriptif menggambarkan bahwa pelaksanaan pelatihan komunikasi efektif di RSUD Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro telah dilaksanakan dengan baik yaitu 85%. Perilaku kerja perawat sediri juga sudah baik yaitu 85%. Berdasarkan hasil analisis data secara serentak menggunakan uji Spearman Rho diperoleh nilai signifikan  F = 0,003. Sehingga nilai F≤ α yaitu 0,003 ≤ 0,05 maka dalam hal ini berarti terdapat hubungan  antara pelatihan komunikasi efektif dengan perilaku kerja perawat di RSUD Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro. Tingkat kekuatan hubungan pada tingkat rendah atau lemah tapi pasti yaitu dengan nilai 0,376 (0,20<KK<0,40).


Kesimpulan : Dari hasil persentase tersebut, diketahui bahwa terdapat hubungan  pelaksanaan pelatihan komunikasi efektif dengan perilaku kerja perawat rawat inap di RSUD Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro. Perlu evaluasi secara berkala atau monitoring terkait pelatihan komunikasi efektif yang dilakukan di RSUD Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro.


 


Kata Kunci :Pelatihan Komunikasi Efektif, Perilaku Kerja

Published
2019-04-20
How to Cite
KURNIAWATI, Iin Rahayu; KURNIAWATI, Iin Rahayu. Hubungan Antara Pelatihan Komunikasi Efektif Dengan Perilaku Kerja Perawat Rawat Inap Di Rsud Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro. Jurnal Hospital Science, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 30-37, apr. 2019. ISSN 2598-0122. Available at: <https://e-journal.stikesmuhbojonegoro.ac.id/index.php/JHS/article/view/328>. Date accessed: 05 may 2024.