Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Surat Masuk Dan Surat Keluar Berbasis Microsoft Access Terhadap Kecepatan Penemuan Berkas Surat Di Rumah Sakit Bhayangkara Wahyu Tutuko Bojonegro

  • Istiqlal Fithri

Abstract

ABSTRAK


Pengelolaan surat dalam rumah sakit memegang peranan penting dalam proses administrasi. Surat berisi informasi penting yang berdampak besar pada pengambilan keputusan rumah rakit, untuk menghasilkan keputusan yang baik tentunya harus diimbangi dengan pengelolaan surat yang baik.  Untuk mendapatkan pengelolaan surat yang efektif, efisien dan sistematis maka dengan perkembangan teknologi saat ini sangat diperlukan dalam pengelolaan surat dan arsip (berbasis elektronik).


Desain penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-test and post-test group untuk kecepatan penemuan berkas serta metode waterfall untuk rancang bangun sistemnya. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling sebanyak 30 sampel untuk surat masuk dan 30 sampel untuk surat keluar dan random sampling sebanyak 1 sampel untuk rancang bangun sistemnya. Uji prasyarat analisis yaitu uji wilcoxon.


Hasil penelitian menunjukkan kecepatan penemuan berkas surat secara manual masih kurang baik sebesar 43% untuk surat masuk, dan 47% untuk surat keluar.  Kecepatan penemuan berkas surat berbasis Microsoft Access  sudah baik sebesar 100% untuk surat masuk dan surat keluar. Sedangkan dari hasil pengujian uji wilcoxon diperoleh bahwa adanya pengaruh penerapan sistem informasi surat berbasis Microsoft Access terhadap kecepatan penemuan berkas surat di Rumah Sakit Bhayangkara Wahyu Tutuko Bojonegoro, dengan nilai koefisien korelasi surat masuk sebesar -4.000 dengan tingkat signifikansi 0.000 (p<0.05), sedangkan untuk nilai koefisien korelasi surat keluar sebesar -4.123 dengan tingkat signifikansi 0.000 (p<0.05).


Melihat hasil penelitian ini maka sistem informasi surat masuk dan surat kaluar berbasis Microsoft Access di Rumah Sakit Bhayangkara Wahyu Tutuko Bojonegoro, dapat digunakan dan dikembangkan untuk kedepannya sehingga memberikan kemudahan dalam menginput data surat dan mempercepat proses penemuan kembali berkas surat yang dibutuhkan


 


Kata Kunci: Sistem Informasi surat masuk dan surat keluar berbasis Ms.Access, Kecepatan penemuan berkas

Published
2019-04-20
How to Cite
FITHRI, Istiqlal. Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Surat Masuk Dan Surat Keluar Berbasis Microsoft Access Terhadap Kecepatan Penemuan Berkas Surat Di Rumah Sakit Bhayangkara Wahyu Tutuko Bojonegro. Jurnal Hospital Science, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 38-49, apr. 2019. ISSN 2598-0122. Available at: <https://e-journal.stikesmuhbojonegoro.ac.id/index.php/JHS/article/view/329>. Date accessed: 05 may 2024.