Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Inventaris Berbasis Microsoft Access Terhadap Kesesuaian Data Inventaris Di Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Sumberrejo - Bojonegro

  • Sudalhar Sudalhar

Abstract

ABSTRAK


Pengelolaan rumah sakit tidak lepas dari hasil  laporan data berbagai bagian salah satunya laporan inventaris. Laporan inventaris dikatakan ideal jika data yang dimiliki selalu up to date yang di dalamnya tercantum tahun pembelian, jumlah barang yang ada, dan kondisi barangbarang tersebut diketahui untuk mempermudah mengambil keputusan selanjutnya. 


Desain penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-test and post-test group untuk kesesuaian data inventaris serta metode waterfall untuk rancang bangun sistemnya. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling sebanyak 91 sampel untuk kesesuaian data inventaris dan total sampling sebanyak 3 sampel untuk rancang bangun sistemnya. Uji prasyarat analisis yaitu uji wilcoxon.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuaian data sebelum dilakukan survey kesesuaian data inventaris berbasis Microsoft Access  masih kurang baik sebesar 100%. Kesesuaian data inventaris setelah dilakukan survey kesesuaian data inventaris berbasis Microsoft Access  sudah baik sebesar 100%. Terdapat pengaruh survey sistem informasi inventaris berbasis Microsoft Access dengan kesesuaian data inventaris di Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Sumberrejo Bojonegoro yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05).


Melihat hasil penelitian ini maka rumah sakit segera melakukan penerapan sistem inforamasi inventaris berbasis microsoft access untuk memperbaiki kesesuaian data inventaris . 


 


Kata Kunci: Sistem Informasi Inventaris berbasis Microsoft Access, Kesesuaian data inventaris


 

Published
2019-04-20
How to Cite
SUDALHAR, Sudalhar. Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Inventaris Berbasis Microsoft Access Terhadap Kesesuaian Data Inventaris Di Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Sumberrejo - Bojonegro. Jurnal Hospital Science, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 59-68, apr. 2019. ISSN 2598-0122. Available at: <https://e-journal.stikesmuhbojonegoro.ac.id/index.php/JHS/article/view/331>. Date accessed: 05 may 2024.