Pengaruh Media Cetak Brosur Dan Media Sosial Facebook Terhadap Minat Beli Pasien Menggunakan Jasa Rawat Jalan Di Rumah Sakit Ibnu Sina Bojonegoro

  • Fathia Nur Rosyida

Abstract

ABSTRAK

 


Latar belakang: Perkembangan zaman yang semakin modern membuat pengelolaan rumah sakit salah satunya bidang pemasaran semakin mudah dilakukan. Namun masih ada rumah sakit yang hanya consent memperbaiki kualitas pelayanan, sehingga mereka tidak begitu memperhatikan bagaimana akses pasien dalam mendapatkan informasi untuk mengetahui pelayanan yang tersedia. Secara tidak langsung akan mempengaruhi brand image produk jasa layanan rawat jalan rumah sakit tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengatahui pengaruh pemasaran menggunakan media cetak brosur dan media sosial facebok terhadap minat kunjungan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Ibnu Sina Bojonegoro.


Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode eksperimen one shot case study. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan wawancara dan kuisioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan pada bulan mei dan sampel yang digunakan adalah sebanyak 60 responden pasien rawat jalan.


Hasil: Berdasarkan perhitungan analisis uji Man Whytney terdapat perbedan pemasaran dengan menggunakan media cetak brosur dan media sosial facebook dengan nilai sig sebesar 0,000.


Kesimpulan: Dari hasi analisis data terdapat perbedaan pemasaran menggunakan media cetak brosur dan   media sosial facebook terhadap minat kunjungan pasien rawat jalan di rumah sakit Ibnu Sina Bojonegoro.


Kata Kunci : Media Cetak Brosur, Media Sosial Facebook, Minat Kunjungan.

Published
2019-04-20
How to Cite
ROSYIDA, Fathia Nur. Pengaruh Media Cetak Brosur Dan Media Sosial Facebook Terhadap Minat Beli Pasien Menggunakan Jasa Rawat Jalan Di Rumah Sakit Ibnu Sina Bojonegoro. Jurnal Hospital Science, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 77-84, apr. 2019. ISSN 2598-0122. Available at: <https://e-journal.stikesmuhbojonegoro.ac.id/index.php/JHS/article/view/355>. Date accessed: 05 may 2024.