Pengaruh Metode Survei Kepuasan Berbasis Web Terhadap Cakupan Reponden Survei Kepuasan Pasien Di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Tk. III Wahyu Tutuko Bojonegro

  • Akhmad Zainul Arifin

Abstract

Survei kepuasan pasien masih banyak menggunakan manual dengan menyebarkan kuesione. Hal ini bisa digunakan secara mudah dan dapat digunakan oleh semua orang. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, survei kepuasan pasien di unit rawat inap di bulan Mei, Juni dan Juli setiap bulan yang mengisi ada 50 responden. Dengan total kuesioner 100 kuesioner yang disebar setiap bulan. Masalah ini karena kuesioner yang diserahkan kepada pasien yang akan pulang dan dimana perawat tidak mengetahui pasien sudah mengisi atau belum. Dengan adanya survei kepuasan pasien berbasis web diterapkan di Rumah Sakit Bhayangkara TK. III Wahyu Tutuko Bojonegoro akan meningkatkan data survei kepuasan pasien dan untuk mengembangkan kualitas pelayanan rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode survei kepuasan berbasis web terhadap cakupan responden survei kepuasan pasien di unit rawat inap Rumah Sakit Bhayangkara TK. III Wahyu Tutuko Bojonegoro.


Desain penelirian ini menggunakan metode pre-experimental, one group pretest-postest design dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 1 karyawan survei kepuasan pasien dan 135 pasien rawat inap Rumah Sakit Bhayangkara TK. III Wahyu Tutuko Bojonegoro. Sampling mengguanakan simple random sampling dan diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan dan menggunakan wawancara dan kuesioner. Uji persyaratan analisis yaitu uji Wilcoxon.


Penelitian survei kepuasan di unit rawat inap sebelum adanya web yaitu sebanyak 53 responden (53%). Survei kepuasan di unit rawat inap sesudah adanya web yaitu sebanyak 100 responden (100%). Hasil pengujian stastik diperoleh hasil ada pengaruh dengan nilai signifikan (0,000).


Melihat hasil penelitian maka peril adanya penggunanan survei kepuasan pasien berbasis web terhadap cakupan responden rawat inap agar dapat meningkatkan data survei dan mengembangkan pelayanan rumah sakit


 


Kata Kunci: Survei Kepuasan Pasien, Cakupan Responden

Published
2019-04-20
How to Cite
ARIFIN, Akhmad Zainul. Pengaruh Metode Survei Kepuasan Berbasis Web Terhadap Cakupan Reponden Survei Kepuasan Pasien Di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Tk. III Wahyu Tutuko Bojonegro. Jurnal Hospital Science, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-6, apr. 2019. ISSN 2598-0122. Available at: <https://e-journal.stikesmuhbojonegoro.ac.id/index.php/JHS/article/view/325>. Date accessed: 05 may 2024.